Sabtu, 23 Februari 2013

Motivasi untuk Belajar Nge-Craft

Belajar ilmu keterampilan buat anak jaman sekarang pasti gak menarik. Iyalah... kan sekarang jaman gadget dan multimedia. Sudah gak jaman remaja pegang jarum dan kain. Karena anak-anak sekarang pegangannya PS, ponsel android, atau blackberry

Tapi kalau anak-anak yang tinggal di panti asuhan pasti lain lagi. Mereka wajib bisa urus sendiri diri mereka sendiri. Mereka gak merasakan kemewahan didampingin kedua orang tua lengkap yang rela banting tulang demi meladeni mereka. Mereka minimal harus bisa pasang kancing sendiri, bisa tambal baju sendiri. Kan Mereka gak bisa sembarangan minta ganti baju hehehe... Jadi harus bener-bener tau berhemat dan melakukan apa-apa sendiri.

Dengan dasar itu apakah melatih keterampilan dasar buat anak-anak panti asuhan menjadi lebih mudah? Ternyata tidak saudara-saudara! Sama aja, tanpa motivasi yang kuat mereka susah bener dilatih. Selalu ada alasan untuk menghindar.

Pikir punya pikir, akhirnya aku siapin waktu semalaman bikin materi untuk memotivasi anak-anak akan pentingnya keterampilan dasar menyulam, merajut, dan menjahit. Biar mereka tahu bahwa dari keterampilan ini beberaa orang juga sangat eksis dan bergaya di dunia crafting.

Yang aku jadikan contoh adalah beberapa tokoh craft beserta blognya yang aku pilih berdasar karya mereka yang eye catching untuk usia mereka. Yang dipilih adalah produk-produk yang familier dengan mereka seperti ros, tas, dan dompet. Dan aku menghindari vintage karena mereka belum bisa menikmati style ini.

Blog yang aku jadikan contoh antara lain adalah c e m p r u t dan ammi&abi karena karya kedua crafter ini sangat menarik buat mereka.

Dan dari respon mereka yang melongok tak berkedip melihat lembaran slide yang aku tayangkan di dinding ruang belajar, aku tahu mereka mulai tergelitik dan tertarik. Allohu Akbar! Semoga otivasi ini membuka jalan pikiran mereka tentang perlunya keterampilan untuk bisa hidup mandiri.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar