Sabtu, 02 November 2013

Tutorial : Make Your Own Bias Tape!!!!



Istilah bias tape atau bisban itu sering bikin keder lho... Ngeri bayangin harus bikin produk pake bias. Kekhawatiran kalo ntar nggak rapi, kalo ntar jahitnya ga pas pinggir, dan lain-lain.
Sedikit demi sedikit, melalui bermacam trial error yang banyak error nya akhirnya aku bisa bikin produk pake bias binding.

Tapi masalah timbul sehubungan dengan harga bias itu. Terutama kalo mau bias yang gak pasaran dan unik. Hiks...hiks... mahal... Apalagi kalo pake kain linen yang impor itu. Menjeritlah diriku.

Akhirnya, hasil browsing berbagai situs web yang membahas tentang bias, aku menemukan sebuah cara yang lumayan bisa diikuti, terutama buat crafter ga jelas kayak aku.

Berikut ini aku jelasin ya step by stepnya. Mudah-mudahan bermanfaat.




1. Untuk kain, siapin kain berbentuk bujur sangkar ya. Pada contoh di atas, aku pakai ukuran 27cm kurang lebihnya. Nggak pas banget karena itu kain sisa #hiyaaaa....
Kalau mau yang lebih panjang, ukuran kain bisa dilebihin. 
Note : itu sudah terlanjur aku potong sebelum sempat dipoto. Aslinya bentuknya bujur sangkar kok. Suwer!


2. Potong kain diagonal seperti poto di atas ya...
Nggak usah nanya dulu kenapa diagonal, ikutin dulu, nanya belakangan. *lagi sadis*

3. Posisikan kain seperti gambar di atas ya. Perhatikan baik-baik posisi ujung bawah kanan-kiri.

Nah, ini detilnya. Singkatnya gimana caranya pas disambung pada posisi ini saling menutupi dengan sempurna. Posisi pinggiran kain itu bukan kewajiban. Kebetulan aja sisa kainku yang ada pas di pinggir. >.<


4. Setelah pas, disambung dengan cara dijahit. Boleh pakai jahit mesin ataupun jahit tangan. Terserah. Contoh di atas aku jahit pakai mesin. Karena nggak tahu gimana, aku agak alergi pakai jahit tangan. #gubrak


Ini hasil setelah dijahit.

Rapikan ujungnya dengan cara digunting. Digunting pakai gunting ya... jangan pakai pisau. Kalau pakai pisau namanya diiris ya... catet!

Rapikan dengan cara disetrika


5. Sekarang kita akan membuat garis-garis mengikuti arah diagonal dari potongan kain yang telah kita sambung tadi. Ingat ya... DIAGONAL, jangan sampai salah.
Lebar garis itu sekitar kurang lebih 4cm. Ini menyesuaikan kebuthan berapa lebar bias yang kita inginkan.
Karena produkku berupa aneka dompet, aku butuh bias lebar 1cm. Karena itu aku bikin 4cm karena ntar dilipet-lipet. Kenapa begitu? Baca ke bawah terus ya... Ntar ngerti sendiri deh.

Kalau ditanya kenapa harus mengambil arah diagonal? Percaya ajalah soalnya aku dulu juga sempet gak percaya dan berujung pada salah berkali-kali. Pertama aku bikin bias ini aku dengan polos dan dodolnya mengambil sisi lurus kain dengan alasan biar mudah motongnya plus lebih hemat kain. Dan ternyata hasilnya amburadul sodara-sodara! Pada saat bias diaplikasikan pada bidang melengkung, bias akan mengekerut jelek banget tidak bisa elastis mengikuti belokan produk.

Logikanya dengan kita mengambil arah diagonal, serat benang jadi akan lebih elastis. Jadi pas posisi belok-belok dia akan fleksibel mengikuti produk yang akan dibikin.

Nah gambar di atas menunjukkan penampakan garis-garisnya. 


6. Menggabungkan kedua ujung.
Dari gambar garis-garis di atas, kita umpamakan sebagai berikut.
Seperti kita lihat, angka 0 pada sebelah kanan lebih bawah dari yang sebelah kiri. Kemudian sambung kedua ujung tersebut dengan cara mempertemukan titik-titik tersebut dengan aturan :
  • 0 di kiri diketemukan dengan 0 di kanan
  • 1 di kiri diketemukan dengan 1 di kanan
  • dst
Dan seperti bisa dilihat pada foto di atas, masing-masing ujung akan saling menjuntai

Beri jarum pentul agar tidak bergeser.

Jahit seperti foto di atas.

Ini penampakannya setelah dijahit.



7. Menggunting. Kini saatnya kita mulai menggunting. Diawali dari posisi seperti yang kelihatan di foto di atas, lanjutkan mengikuti garis yang sudah kita bikin tadi. Ntar kita kayak motong spiral gitu karena kainnya saling menyambung.
Ini gambarnya, kita seperti memotong bentuk spiral aja.


Dan tadaaa!!!!!! Inilah hasilnya hehehe...


FINISHING
Disetrika dulu ya hasil bias tape kita tadi biar rapi.


Kemudian lipat dua pas di tengah. Bisa pakai setrika. Tapi sebagai awalan, pake kuku dulu juga bisa kok

Berdasarkan garis yang sudah kita buat dari step sebelumnya, lipat ke dalam kedua sisi hingga ketemu pas di tengah. Lagi-lagi untuk sementara kita bisa pakai kuku dulu.


Kemudian lipat lagi jadi dua.
So... that's why to get 1cm width of bias tape, we need 4cm.

Kalau sudah dilipat dua, bisa dipres dengan setrika biar rapi ya. Naahhh... itu yang kita dapat. Kalo nggak salah dari kain berukuran 27x27 tadi aku dapetin bias dengan panjang lebih dari 1 m. Ekonomis banget ka??

Kemudian... disimpan...


So... mudah banget kan buat dapetin bias tape tanpa harus beli? Kita bisa bikin aneka warna aneka motif. Jangan buang perca-perca yang ada. Bisa kita kreasikan untuk bikin bias tape. Ini bermanfaat banget lho... Kita bisa hias kreasi kita dengan bias tape seperti kreasiku berikut ini :



Asyik kan? Mudah-mudahan tutorial sederhana yang aku buat dengan sepenuh hati ini bisa bermanfaat. Dan seperti biasa, kalau mau nanya-nanya via inbox di FB aja ya... Karena aku nggak selalu buka blog. Sekali lagi, gratis kok.

Big thanks for reading. Give your appreciate by leaving a comment below.
Happy Crafting All
^-^

6 komentar:

  1. Oooo...., jadi bias itu buat pinggiran tohh...., hohoho maklum murid baru di dunai perjahitan..., matur tengkyuh sensei.. ;)

    BalasHapus
  2. Many thanks...sangat berguna dan mencerahkan :)

    BalasHapus
  3. wah mbak keren banget bisbannya.selama ini selalu beli kl mo pake. Cara ini juga efektif ya kalo kita mo nambah lebarnya.tenkyu so much

    BalasHapus
  4. bikinanjari9 Mei 2015 06.49

    makasih tutorialnya.... bermanfaat sekali, jd bs bikin bias tape yg rapi dan konsisten lebarnya :)

    BalasHapus
  5. Thanks for sharing.. Mau tahu cara bikin baju yang gampang tanpa perlu mengikuti kursus atau kelas menjahit?.. Sekarang anda bisa mempelajari semuanya dari video tutorial menjahit baju di Fitinline..

    BalasHapus