Minggu, 24 Agustus 2014

Menentukan Harga Produk Handmade Secara Amatir (3) : Studi Kasus

Akhirnya nyampe pada bagian akhir dari bahasan yang sesuai judul artikel ini.
Berdasarkan Tutorial Simple Pouch terdahulu sekarang kita bedah satu persatu apa yang perlu kita lakukan buat ngitung harganya.

Sebelumnya saya menekankan bahwa "harga/nominal yang ada dalam contoh di bawah ini bukanlah harga sebenarnya. Ini hanya contoh"


Nah pertama, kita mesti ngitung dulu harga satuan material yang kita pakai.
Dalam contoh di atas, bisa kita lihat, bagaimana harga kain katun sebagai bahan utama produk kita.
Lakukan pendataan dalam setiap kali kita berbelanja. Istilah kerennya, setiap stocking material, buatlah data ini sehingga kita punya harga untuk masing-masing item.
Bisa jadi satu kain katun bakal beda banget harganya kan meski dari suplier harga sama. Karena terkait banyak hal, misalnya ongkos kirim. Harga yang dibeli di Etsy jelas beda sama harga yang dibeli di pasar. DI Etsy jelas harus pake ekspedisi internasional. Sementara kalau kita beli di pasar, paling bayar bensin mobil sama parkir doang.
Tapi kalo beli di pasar boleh kita nol kan aja ongkirnya, terutama bila kita sukses dengan manisnya ngerayu suami buat nganterin wekekekekek... Untungnya dobel-dobel tuh. Selain nggak capek karena ada orang yang mau bawa-bawain barang juga ntar bisa minta traktir di hokben
Wkwkwkwkwkwk... itu mah saya.
Ya udah deh pokoknya gitu.
Jadi dari sini keliatan banget kalo kita bijak dalam berbelanja, dan mau sedikit pelit dengan ongkir, kita bakal dapet harga satuan yang jauh lebih murah.
Sekilo kain katun muat 6m.
Sekilo kain kanvas tebel muat 2m.
Tapi ada kalanya kita dapet pesanan yang kainnya milih. Sehingga kita perlu order kain seukuran fq dengan ongkir sekilo. Kalo kayak gitu, berarti harga sudah beda kan?
Kira-kira kayak gitu.
Kalau kita tertib dengan entry kayak gini, trus jago excell nya bisa dibikin data base dengan bantuan visual basic ato macro ya, ntar tinggal me-link data aja dari main server ke perhitungan per produk.



Nah bagian ngitung upah ini yang kadang agak gimanaaa... gitu
Prinsipnya gini deh, kita pake kringat orang ya harus diganti dong. Haram hukumnya akan keringat orang karena selain nggak enak juga nggak bergizi! #plak

Harga upah di masing-masing daerah itu beda banget. Saya pakai istilah skilled/unskilled labour itu untuk membedakan tingkat keahlian dari orang yang akan kita sewa jasanya untuk membantu proses produksi kita.
Ada penjahit yang memang sudah kawakan banget. Sehingga kita kasih contoh gini-gini sudah nyambung dan langsung go dia. Tapi tetep kita harus tau misalnya dalam mengerjakan satu setelan dia butuh berapa hari sih? Trus dengan kerumitan kayak gitu dia minta ongkos berapa?
Nah dari situ kita bakal tau dia punya patokan upah berapa.
Misalnya satu setelan seragam sekolah ongkosnya 90ribu, selesai satu hari, dari jam 7 pagi ampe jam 8 malem. Nah jadikan itu patokan perjamnya berapa.
And so on...
Tapi kalau kita mau pake jasa asisten rumah tangga buat bantuin ngelipet ini mukul itu, atau njahit yang ini doang, tentu harga beda dong.
Nah gimana kalau kita kerjain sendiri?
Ini kita sendirilah yang bisa ngukur kita di level mana. Dalam bikin produk kita bisa berapa lama dan gimana hasilnya.
Terus kalau kita masih taraf belajar gimana? Kenapa nggak? Tetep kita menghabiskan waktu dan tenaga buat bikin kan? Itu yang harus kita hargai meski dengan harga yang sewajarnya. Gak mungkin kan kita jahit aja belum bisa lurus ngitug upahnya sudah dipatok pakai level skilled labour?.

Pokoknya meski bagian ini nggak ada yang tahu, tapi usahakan untuk selalu adil ya, sesuai dengan sebenernya dan jangan nipu, jangan aji mumpung. Kejujuran itu buat diri kita sendiri kok. Kita jujur Allah ridho dengan usaha kita. Amin.



Nah berdasarkan itungan di atas, dan berdasarkan model tutorial di artikel sebelumnya, kira-kira beginilah hasil itungnya.
Harga satuan sudah jelas dari mana dapatnya, berlaku baik untuk kain, batting, dll.
Dimensi itu berdasar potongan kain yang kita pakai buat produk ya.
Dari masing-masing kolom kayaknya nggak ada yang rumit.
Kecuali kolom (5) yaitu faktor keamanan.
Apakah itu?
Faktor keamanan itu persentasinya menyesuaikan dengan resiko dari pemakaian bahan.
Kita ketika beli kain semeter itu aslinya luasnya kan 100cmx115cm atau 100cmx90cm, dll.
Nah ketika kita memakai kain itu untuk produk, dipotong 15cmx16cm itu kan nggak pas segitu kan? Selalu ada sisa berbentuk strip nggak jelas dan lain-lain. 
Simpelnya ukuran kain semeter itu sulit buat dihabisin sampe bener-bener habis. 
Di sinilah kita dituntut buat pinter-pinter nge set kain dan bahan lain menjadi seekonomis mungkin. Agar jangan banyak sisa. Makanya pada bagian menggunting bahan, akan sangat bijak kalau kita handle sendiri.
Tapi tetap kita perlu memasukkan faktor keamanan yang dalam contoh ini sebesar 5%. 
Kita curang? Nggak kok. Itu adil banget. 
Memang angka 5% itu nggak mengikat, bisa kurang bisa juga lebih.
Semua tergantung produk yang akan kita bikin.

Nah setelah itu, itungan lainnya tinggal matematis banget hingga didapat harga total kebutuhan jatuhnya berapa.



Nah, sekarang lanjut ke pendukung lain.
Material tambahan mengakomodir biaya material apa aja yang kita pakai. Accessories yang ditambahin apa aja.
Hingga ke bagian tenaga kerja.
Itulah kenapa kita perlu memecah harga upah hingga ke menitnya. Ini demi mempermudah kita menghitung total upah. Dan dengan sistem ini kita semakin mudah mendefinisikan pekerjaan.
Bisa jadi ntar dalam item kerja akan ada data begini :
Bikin bias 10 menit
Pasang bias 30 menit
Pasang eyelet 15 menit
Hand stitch (jahit tangan) 60 menit
dst...
Kita akan sangat fair dalam membayar upah.
Kecuali kita cukup beruntung mempekejakan skilled labour yang bisa langsung kerja borongan. Satu ransel rumit selesai dua hari dengan ongkos total 200ribu. Gitu sih enak ya.....

Nah setelah semua item terkumpul, ditotalin deh biar ketemu harga dasar. Harga dasar itu benar-benar nggak ada faktor keuntungan ya. Kalaupun kita kerjakan sendiri itupun bukan masuk keuntungan. Itu adalah faktor upah yang memang menyatu dalam proses sebuah produksi barang.

Nah, berdasarkan harga dasar itu kita baru bisa menentukan harga jual.
Margin keuntungan bisa kita set sesuai dengan kondisi masing-masing produk.
Kondisi-kondisi tersebut contohnya :
1. Proses Desain
Bila kita menjual produk ready stock, atau produk dengan odel yang sudah kita luncurkan sebelumnya. Misalnya tas standar tote dengan ukuran tertentu, pembeli hanya tinggal pilih kain doang, tentu beda harga dengan custom order yang njelimet.
Misal : mba aku mau dong dibikinin sling bag buat naruh lappy, tablet, gadget lain yang masing-masing punya kompartemen bla...bla...bla... Ntar diginiin aja ya mba aku gak mau pake ini, maunya pake itu. Trus kemarin di butik si ono lho ada handle yang keren kalo bisa cariin model gini gitu ...dst....
Naahhh... untuk yang model gini, beda lagi setting profit marginnya. Karena emang kita mikir gak pake otak gak pake waktu? Trus dalam mengakomodir kemauan customer tentulah semua ilmu desain perlu kita bedah. Ini itu dan lain-lain, harus hunting ini itu dulu di internet, liat alternatif di pinterest dlsb. Belum lagi kadang kita harus trial error juga kan?
So... dalam menentukan profit margin, kita harus mempertimbangkan bener faktor ini.

2. Jenis material
Tentu ini ngefek banget. Kalau kita jahit katun, resikonya lebih kecil daripada jahit coated canvas. Resiko jarum patah, resiko mesin jahit macet dll.
Kalau kita bikin produk dari kain mahal, limited edition yang sudah nggak diproduksi lagi, beda resikonya dengan sekedar bikin rpoduk dari katun jepang polkadot yang kalau salah potong bisa kita beli lagi di toko kain dekat rumah.
Dan seterusnya.

3. Biaya di luar material.
Apa itu? Pulsa, langganan internet listrik, benang jarum, dan lain-lain. Belum lagi kalau kita jualnya di ruko yang kita sewa sendiri, lengkap dengan pegawai dan lain-lain. Maka faktor biaya operasional ini juga menjadi salah satu faktor yang menentukan besaran keuntungan.

Dengan begitu, nggak ada lagi deh kita dengan mencibie membanding-bandingkan, produk si ono, gitu doang harga segini juta. Menang merk doang!
Hellooowww.... trademark is one thing. This is need a long time story with much hard work to achieve it!
Proses membranding sebuah produk nggak mudah, nggak murah. Belum lagi mematenkan. Hargai itu. Jangan buru-buru mencibir! Lagian juga situ ngapain beli yang bermerk kalau ujung-ujungnya cuma bisa mencaci 'menang merk doang'.
Jadikan produk-produk bermerk dan berharga tinggi sebagai inspirasi untuk memotivasi agar kita maju.

Ah... udah deh, kepala sudah berasap nih!
Gila nulis ginian aja lumayan capeknya.
Jadi jangan salahin saya ya kalo typo di mana-mana.
Mau baca monggo.
Nggak mau juga nggak apa-apa.
Ini hanya sekedar berbagi.
Oke... sip...

Tapi jangan lupa
FB tetetep ini Himawari Putri Aisyiyah
Fanpage juga di sini Himawari Art 'n Craft

Silakan di add, di like tapi jangan di report. Saya bukan kriminal.

5 komentar:

  1. wow wow.. gak nyangka browsing2 ketemu info yg bgini bagus.. terima kasih nih atas sharenya..

    BalasHapus
  2. mohon diperbanyak artikel yg sangat bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
  3. kalo jasa desain bagaimana hitungnya??

    BalasHapus
  4. info yang sangat menarik dan berguna

    BalasHapus
  5. Keren bngt,,ini yg saya cari cari.yg detail yg konsisten dalam membagi ilmu.makasi yaa,,

    BalasHapus