Rabu, 15 Mei 2013

Tutorial 'Quilting' Bagi Pemula Part 2


Kita lanjutin deh tutorialnya. Karena taplaknya juga sudah jadi kok.

Oke, kita nyampe ke step berikut ya....

1. Tumpuk kain yang sudah disusun sesuai urutannya biar nggak lupa. Pisahkan masing-masing tumpukannya, jangan lupa diberi tanda agar nggak lupa.



2. Jahit kain motif dan polos berhadapan dengan kampuh kurleb 1cm



3. Setelah semua kain terjahit sesuai dengan pasangannya, rapikan potongan menjadi bentuk persegi yang sama.
Penting banget untuk menjaga kerapian dan presisi ukuran di sini karena aku nggak pengen hasilnya ntar acakadut.



4. Kemudian jahit masing kain persegi dalam sambungan.
Buat satu baris demi satu baris dengan jarak jahitan yang sama, yaitu 1 cm agar rapi



5. Setrika bagian belakang kain yang telah disambung tersebut dengan arah berbalikan bagi baris yang berurutan (bingung ya maksudnya? Lihat gambar aja deh biar jelas)



6. Semat dengan pin dan pasang serapi dan selurus mungkin saat menyambung tiap baris. Dan jahit.


7. Nah, sekarang kita sudah punya bentuk dasar quilting sederhana kita.



8. Selanjutnya aku memasang kain polos mengelilingi hasil quilting tadi. Juga kain bermotif. Lihat hasilnya di foto berikut ya...

9. Sekarang saatnya kita tumpuk dengan webbing. Di sini aku pakai silicon lembaran, kemudian dilapis dengan lining. Bentuknya seperti sandwich.

10. Aku pasang jarum pin agar kain tidak bergeser saat dijahit, dan aku pun menjahit quilting.
Bagian tengah aku jahit secara diagonal saling timpa.
Bagian pinggir aku jahit lurus dengan jarak 1cm.
Dan inilah hasilnya



Untuk menjahit bias pinggirnya, karena aku belum bisa saat itu, terpaksa aku serahin ke Mbak Hur, beliau ini adalah guru jahitku.
Tapi sekarang aku sudah bisa lho...
Tapi tutorialnya aku bikin ntar ya....

yups sekian dulu tutorial sederhanaku
semoga bermanfaat

5 komentar:

  1. So Neat sis :) ...love it. thank so much udah mau share yah ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. you're welcome. i am just an amateur

      Hapus
  2. Izin share mbak yach
    silahkan berkunjung ke
    https://www.facebook.com/IndonesianCraft.creationofcrafter

    BalasHapus
  3. Ini pakai mesin jait atau manual?thx tutorialnya mbak..

    BalasHapus