Rabu, 09 Oktober 2013

Tutorial : Simple Aplique


Haloo...
Tutorial kali ini fokusnya bukan pada tasnya ya... tapi pada gambar imut yang agak maksa di tas itu. Xixixi... aslinya malu booo.... mau ngetik ini. Tapi ini tangan lagi pengen banget ngetik secara mulut lagi cemberut gak mood ngomong. #halah!
Ya wes lah, diterima aja ya tutorial gejenya. Mudah-mudahan bermanfaat. Karena ini karya super duper amatir menurut dunia per-lebay-an. Dan sebab musababnya pun nggak kalah geje. Yaitu, karena mati lampu seharian, batere hp abis sehingga nggak bisa eksis, batere laptop juga habis, membuat ga bisa ngapa-ngapain lagi. Jahit? Hm... maaf sodara-sodara, aku yang pemalas ini telah mengganti semua mesin manual dengan dinamo. So... memble deh.

Nah gambar kecil itu katanya sih bahasa kerennya aplique. And Uncle Wikipedia (I don't understand why it must be 'uncle'? What's wrong with 'aunt Wikipedia'???) definitely said :

 In the context of sewing, an appliqué refers to a needlework technique in which patterns or representational scenes are created by the attachment of smaller pieces of fabric to a larger piece of contrasting colour or texture.
So... just it is. Take it as a good girl, strart move your hand and work!

Back to topic, aq mau nunjukin seberapa geje dan amatirnya karyaku ini.
Kalau mau bikin gambar kayak yang dipajang itu pertama bikin pola dulu. Dan dasar nggak modal, aku bikin polanya pakai kertas kalender yang kebetulan tebel banget. Sayang kan kalau nggak dimanfaatin? Nah, penampakan polanya kayak gitu.


Pilihan kainnya pun bener-bener perca yang kepake. Bahkan ada sisa lengan baju bekas dimutilasi anak-anak buat bikin dompet sebelumnya #glodhak. Sebagai bahan dasar pun aku pakai kain blacu yang harganya dua belas ribu per meter itu. Xixixi.... kerehore ini mah... 


Kita masuk di bahasan cara njiplaknya ke kain ya. SImple aja sih, dijiplak pakai pola di kain. Aku pakai pulpen biasa aja. Toh di bagian belakang, nggak bisa diilangin gak masalah, nggak kelihatan juga kok.

Nah cara ngguntingnya kayak foto burem di atas ya.... Ada sisa, nggak pas garis.

Kemudian di jelujur sekelilingnya.

Nah, kemudian kertas pola tadi dimasukin ke bagian yang sudah dijelujur ya. Kemudian ditarik hingga membentuk. Itulah kenapa kita butuh kertasnya yang tebel.

Sebelumnya bagian badan sudah dikerjakan. Jadi bagian saya ditempelin di posisi yang direncakana. Nggak usah pakai lem ya. Cukup dijeluluj kasar di pinggirnya dan hati-hati biar nggak kena kertas, namun bentuknya tetep rapi. Gimana caranya? Pikirin sendiri ya... temukan sendiri teknik paling nyaman gimana enaknya bikin hehehe...

Saat jelujur hampir selesai, pelan-pelan tarik kertasnya. Pelan dan agak maksa sih aslinya :p

Nah, ikuti jari imutku itu #weks pegang ujungnya jangan sampai lepas, dan lanjutin jelujurnya sampai finish ya....
Ini nih foto bagian yang sudah selesai dijelujur.


Sekarang saatnya finishing bagian ini. Aku pakai benang sulam merk DMC. Banyak dijual di toko benang dan alat jahit ya... Harganya juga terjangkau.
Aku menjahitnya dengan teknik tusuk sembunyi atau invisible seam. Ntar kalau ada waktu aku bahas detil deh tentang ini. Tapi kalo mau cari banyak banget kok di youtube.


Setelah selesai, buang jelujurnya ya... dengan agak maksa juga sih. Pokoknya bagian ini harus bersih dari sisa-sisa benang jelujur biar rapi.

Naaahhh... ini nih bentuknya setelah selesai.
Ulangi proses untuk bagian-bagian yang lain ya....



Dan inilah hasil karya amatirku yang pertama (seneng banget hehehe...) Wajar dong, karena selama ini aku kira tuh yang namanya aplique itu ribet bin syusye... Ternyata nggak serumit itu. Mungkin karena gambarnya simple banget kali ye... hehehe


Sebagai langkah akhir, terserah mau dibikin apa. Karena aku butuh tas tote yang simple buat naruh aneka printhilan, ya akhirnya aku buat tas.
Gimana? Seru banget kan? Hehehe... lumayan kok.

Kalau ada yang nggak ngerti tanya aja ya, bisa komen di blog ini atau ke FB Himawari Putri Aisyiyah. Gratis kok.

Oke, sekian ya tutorial gejenya. Makasih banyak bagi yang sudah luangi waktu buat baca. Semoga gak sakit mata. AMin.

Happy craft day to you.

Luph yu pull dah ^.^



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar