Senin, 23 September 2013

Tutorial : Gantungan Kunci dari Perca


Gantungan kunci dari memanfaatkan sisa-sisa perca yang sayang dibuang, tetapi disimpan pun hanya menuh-menuhin tempat.

So... lebih baik perca-perca itu diolah sebentar menjadi sesuatu yang imut dan lucu seperti gantungan kunci/gantungan tas.
Gampang banget kok caranya.

1. Siapin dulu percanya. Aku punya perca ukuran kecil dengan gambar yang unik nih.


2. Bikin pola dari kertas karton atau sisa kardus. Aku bikinnya segi 6 dari lingkaran diameter 2 cm.
 

 3. Jiplak pola pada kain keras. Perca kain kerasku banyak banget berupa potongan-potongan kecil. Kalau nggak tau apa itu kain keras, itu adalah bahan pelapis pada kerah baju. Cirinya, kain sangat kaku dengan salah satu sisi mengandung lapisan plastik.

4. Tempelkan kain keras dengan cara diseterika. Caranya adalah hadapkan kain keras dengan lapisan berplastik nemplok di bagian jeleknya kain ya. Jangan sampai kebalik. Ntar kebakar. Pilih motif yang diinginkan dan paskan.


5. Gunting kain yang telah ada kain kerasnya dengan memberi lebih sekitar kurleb 1 cm seperti gambar berikut.


hasilnya seperti di bawah ini ya...


6. Jelujur kasar di sekeliling kain keras dan tarik benangnya hingga membentuk. Nariknya jangan terlalu keras ya..

Hasil setelah ditarik jadi begini nih.

So... ini yang kita punya


7. Gabungkan dua keping heksagonal, denga cara bagian jelek ketemu bagian jelek, jahit dari samping.

8. Lakukan untuk ketiga bagian, dan sambung menggunakan sebuah kain. Di sini aku pake sisa bias, yang aku pasang memanjang melewati ketiga bidang heksagonal itu sehingga bisa menempel. Dijahit dengan rapi. Alternatif lain, kalau malas menjahit, bisa menggunakan lem rajawali. Efeknya kain menjadi kaku.

9. Sebelum semua bidang tertutup, jangan lupa sisipkan tali untuk gantungannya ya... Lalu dijahit dengan rapi dan kuat.




Dan inilah hasil akhirnya. Mudah, murah, dan hasilnya lumayan lho... Terutama untuk memanfaatkan sisa-sisa kain perca yang begitu kecilnya sehingga bingung mau dipakai untuk apa.



Di bawah ini adalah foto anak-anak pantiku yang sedang membuat gantungan kunci itu. Sengaja aku siapin kain keras cukup lebar. Mereka begitu bisa satu teknik langsung heboh seperti keranjingan gitu. Nggak papa juga lah. Perca banyak banget. Minimal mereka bisa kreatif memanfaatkannya. Dan jadilah gantungan tas aneka rupa yang aneh bin ajaib ala anak-anak, hehehe...

Dan beberapa anak yang masih kecil belum bisa menjahit.
Untuk mereka aku siapin aja lem.
Hasilnya memang nggak sebagus yang dijahit. Tapi buat mereka ini sudah luar biasa banget.





Happy craft day all... !!!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar