Kamis, 13 Juni 2013

Tutorial : Tablet Cover

Biasanya yang bikin-bikin tablet cover gini selalu aku kasihkan ke beberapa pengurus panti asuhan yang memang profesinya menjahit.
Namun semenjak ada kasus 'ada vespa di antara kita' hiks...hiks... akhirnya aku jadi belajar bikin sendiri

Aduh... ternyata susah banget
Tapi lumayan lah
Hasilnya kayak gini


Ini aku pake bahan kain katun lokal (polkadot ungun) kombinasi dengan perca dari bahan seprei (yang gambar matryoshka itu) dan kain kain Japan Design (bunga-bunga kecil).

Pertama belajar aku hunting tutorial di pinterest, blog, web, sampai ke youtube juga...
Ternyata.... banyak yang nggak kepake ilmunya di sini. Tapi ga papa deh. Dengan begitu aku jadi lebih pinter.

Sssttt.... kali ini aku bocorin beberapa yang aku temukan setelah aku bikin sendiri ya...

1. Kenapa pakai renda? Hehehe... alasannnya adalah, karena kain perca yang aku pake ukurannya terbatas, nggak bisa mengakomodir kebutuhan ukuran tablet. Jadi aku sambung pakai kain lain yang kuharap matching. Untuk ini aku belum berani eksperimen aneka warna. Aku pilih warna yang senada aja. Maklum bakat seninya low banget hehehe...
Nah, pada saat proses nyambung ini ternyata kainnya serong. Wekekekek.... suamiku yang tau itu. Dia nanya "Dek, itu sengaja dibikin miring apa mataku yang miring ya?"
Jiaahhh... mau dedel males, udah sore. Ya udah, aku cari koleksi renda, pilih yang seimut mungkin biar ga rebutan perhatian sama motif utamanya, dan jadilah seperti ini. Xixixi...



2. Kenapa nggak pakai elastik? Kenapa pakai bidang segitiga sebagai tempat 'nyantolin' cover? Mau jawaban jujur? Janji ya jangan ketawa. Karena karet elastiknya habis, hehehe... ya udah. Mau beli males keluar. Kalau ditunda lagi pasti bakalan ketunda lama, makanya pakai bidang segi tiga yang aku bikin dari bidang bujur sangkar dengan ukuran sisi sepanjang setengah dari panjaan landasan tablet. Not bad kok. Apalagi kalau dilihat pakai sedotan. #plak!


3. Bagian pasang bias
Nah, ini bagian paling menyebalkan dalam seluruh proses pembuatan. Susyeeehhh... booo...
Pertama, karena pinggiran cover aku kasih space 1 cm untuk bias, maka aku bikin potongan kain selebar 4cm presisi. Trus aku bikin bias selebar 2 cm dan disetrika rapi (thanks God, there are tools called bias maker #sigh)
Bias selebar 2 cm, dilipet 2 menjadi 1 cm seperti gambar berikut ini

Sambungan pada bias biasanya aku males banget ngerapihin. JANGAN MALAS! GUNTING! karena kalau nggak, pas dijahit itu kainnya jadi tuebel.... banget dan bikin mesin jahit meneriakkan SOS #lebay

Sekarang instalasi bias pada bahan cover.
Lupakan teori tentang memasang bias satu tahap demi satu tahap mulai dari lipetan bagian dalem seperti di yutub. Karena itu nggak bisa. Terutama kalo yang jahit penjahit gadungan seperti aku. Aku akalin itu bias yang sudah presisi 1 cm rangkap dua, aku jepit kuat di bidang cover yang mau dijahit.


See?
Setelah itu baru dijahit dengan sangaaaatttt..... pelan. Dan setelah beberapa kali mendedel dengan ceria, akhirnya selesai juga. Hore!!!!!

Selamat mencoba!


* I don't know why the latest picts so messy. Would somebody tell me, whay?*

3 komentar:

  1. belum pernah make bias, takuttttttt :D

    BalasHapus
  2. mbaaa oliiiiii sedot infony,,,
    ak jg seneng craft2 kek gni tpi yg itu,,,males,,,
    xixixixi

    BalasHapus
  3. Mbak dalemannya cover pake apa biar kaku?bisa dibagi infonya step by step ga?maklum otaknya loli bgt ini....hehe

    BalasHapus